Keefektifan Pemutusan Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Reaksi kaum muslimin terhadap kebiadaban Israel bermunculan di dalam negri dan di berbagai macam belahan dunia. Reaksi tidak saja berasal dari mereka yang muslim, kaum Nasrani Indonesia juga turut mengutuk tindakan Israel.
Khusus bagi negara Venuezela dan Bolivia patut untuk mendapat acungan jempol. Kedua negara ini telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel. Di saat yang bersamaan Mesir, terkesan pro pada Israel.
Kenapa patut mendapat acungan jempol? Memutuskan hubungan diplomatik terhadap sebuah negara, berarti memutuskan hubungan-hubungan yang dapat menguntungkan secara materi negara tersebut. Dengan adanya hubungan diplomatik, maka akan tercipta hubungan dagang, akan tercipta investasi, akan tercipta kunjungan para wisatawan antar kedua negara. Mungkin masih banyak bentuk-bentuk yang muncul sebagai akibat adanya hubungan diplomatik antar kedua negara.
Memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, berarti memutuskan hubungan dagang dengan Israel, ditutupnya kunjungan wisatawan Israel dan sebaliknya. Ditutupnya hubungan diplomatik menutup kemungkinan Israel memperoleh keuntungan dari dagang, ekspor dan impor. Ditutupnya hubungan diplomatik menutup kemungkinan Israel memperoleh devisa dari wisatawan asing yang berkunjung ke Israel.
Keuntungan dagang, ekspor dan impor dapat digunakan Israel untuk membeli persenjataan dan memperkuat kukunya di Palestina. Demikian pula dengan perolehan devisa.             Menutup hubungan diplomatik Israel nampaknya perlu dilakukan di samping boikot produk AS. Menutup hubungan diplomatik Israel nampaknya perlu dilakukan oleh semua negri-negri Islam yang ‘sudah terlanjur’ (entah ada atau tidak) membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Negri-negri Islam yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, dapat melakukan penghentian pengiriman minyak bumi ke Israel

Sumber: milis Asma Nadia

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • another side

  • Tanggalan

    Januari 2009
    S S R K J S M
    « Des   Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • Smada’s Social Clan

  • Diatas